Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes PPG MI Materi Pedagogik

Assalamu alaikum bpk/ibu guru peserta PPG Se-Indonesia, kali ini kami bagikan Tes PPG MI Materi Pedagogik untuk Anda, adapun jawaban tes akan kami berikan dikemudian hari, untuk itu pantau terus blog ini untuk mendapatkan update versi terbarunya.

Lihat juga.....!

1. KUMPULAN BUKU TINGKAT SD/MI

2. KUMPULAN BUKU TINGKAT SMP/MTs


3. KUMPULAN BUKU TINGKAT SMA/MA


Tes PPG MI Materi Pedagogik


Tes PPG MI Materi Pedagogik

1. Penjabaran dari KD yang menunjukkan tanda-tanda kemampuan yang harus dikuasai peserta didik secara individu atau target individu peserta didik adalah ....
A. Kompetensi Dasar
B. Kompetensi Inti
C. Tujuan Pembelajaran
D. Indikator kompetensi

2. Berbagai cara atau upaya yang dilakukan oleh guru dalam memfasilitasi terjadinya proses belajar pada peserta didik agar peserta didik mencapai tujuan belajar, disebut dengan ....
A. Pendekatan Belajar
B. Metode Belajar
C. Teori Belajar
D. Komponen Belajar

3. Untuk mendorong peserta didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang  menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah. Kegiatan pembelajaran yang demikian adalah ...
A. Problem Based Learning
B. Problem Solving Learning
C. Discovery Inquairy Learning
D. Project based learning.

4. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A. membuat kaitan
B. menimbulkan motivasi siswa
C. melaksanakan tes awal
D. memberi acuan

5. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

6. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Kognitivisme
D. Kontruktivisme

7. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat adalah….
A. Role Playing
B. Problem Solving
C. Inquiry
D. Picture and Picture

8. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
B. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
C. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

9. Belajar ini bertujuan untuk memperoleh kemampuan dalam menerima, merespon, menghargai, menghayati, dan menginternalisasi obyek-obyek atau nilai-nilai moral, merupakan bentuk belajar ...
A. Belajar keterampilan kognitif
B. Belajar verbal
C. Belajar sikap
D. Belajar berpikir

10. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari ...
A. Indikator pencapaian kompetensi
B. Buku sumber yang digunakan
C. Kurikulum dan silabus
D. Kemampuan awal siswa

11. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A. Penilaian acuan norma
B. Penilaian berkelanjutan
C. Penilaian autentik
D. Penilaian acuan patokan

12. Menurut Benjamin S. Bloom, dalam ranah kognitif terdapat enam jenjang proses berpikir. Berikut ini disebutkan mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi yaitu...
A. Pengetahuan  –  penerapan  –  pemahaman  –  analisis  –  sintesis  – penilaian
B. Pemahaman  –  Pengetahuan  –  penerapan  –  sintesis  –  analisis  – penilaian
C. Pengetahuan – pemahaman – penerapan – analisis – sintesis – penilaian
D. Penerapan  –  Pengetahuan  –  pemahaman  –  analisis  –  sintesis  – penilaian

13. Dalam membuat rancangan pembelajaran oleh guru, maka diperlukan pemenuhan tuntunan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ...
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

14. Perhatikan  beberapa  komponen  dari  RPP  untuk  mata  pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut;
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran  : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar.
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Keterkaitan dan keterpaduan
D. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

15. Guru memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu pendidikan, landasan kependidikan, karakteristik peserta didik, bimbingan dan konseling, dan proses pembelajaran, merupakan aspek kompetensi....
A. Profesional
B. Kepribadian
C. Sosial
D. Pedagogik

16. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. problem based learning
C. inquiry learning
D. Discovery learning

17. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia...
A. 0 - 2 tahun
B. 11/12/ - 14/15 tahun
C. 2 - 7 tahun
D. 7 - 11/12 tahun

18. Salah satu ciri pendidikan berdasarkan UU RI No. 20 tahun 2003 adalah…
A. Melakukan usaha yang disengaja dan terencana dalam memiliki isi, strategi, teknik penilaian, dan sarana-prasarana
B. Melakukan usaha yang tidak disengaja dan tidak terencana dalam memiliki isi, strategi, teknik, dan sarana-prasarana
C. Mendorong terjadinya usaha yang sistematis yang direncanakan demi tercapainya tujuan pendidikan nasional
D. Melakukan usaha untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dengan mengembangkan isi, kurikulum, dan strategi mengajar

19. Salah satu perkembangan yang terjadi pada anak-anak adalah perkembangan religi, yaitu dimana anak-anak mulai dikenalkan adanya Tuhan. Dimana orang-orang disekitarnya memulai mengenalkan melalui..
A. Gambar
B. Kata-kata
C. Dongeng
D. Ustadz

20. Perkembangan religi anak dan remaja dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan jiwa keagaamaan yaitu....
A. Nilai dan norma
B. Diri sendiri
C. Media elektronik
D. Jasmani dan rohani

21. Seseorang yang hidup dalam kelompok harus memiliki kemampuan untuk bermasyarakat (sozialized), menurut Hurlock ada tiga proses untuk mampu bermasyarakat, salah satunya yaitu....
A. Peduli dengan keluarga
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima
C. Sering membantu tetangga
D. Rajin berinteraksi dengan warga di sekitar

22. Perkembangan sosioemosional anak pada tahap industry vs inferiority memiliki beberapa karakteristik, diantaranya keinginan menguasai sesuatu, dan keinginan berjaya. Tahap ini berada pada rentang usia....
A. 3-5 tahun
B. 5-10 tahun
C. 5-8 tahun
D. 6-12 tahun

23. Anak usia sekolah dasar berada pada tahap industry vs inferiority. Pada tahap ini, anak mulai banyak berhubungan dengan teman-teman sebaya dan mengeksplorasi segala kemampuan yang dimiliki. Karakteristik menonjol yang terbentuk pada tahap ini adalah....
A. Percaya diri dan tanggug jawab
B. Percaya diri dan kompetitif
C. Kompetitif dan tanggung jawab
D. Tanggug jawab dan rasa sosial

24. Fokus dan peran psikologi pendidikan dalam perkembangan pendidikan adalah pada lingkup...
A. Sekolah dan staf
B. Kantor dan ruang kelas
C. Guru dan siswa
D. Ruang kelas

25. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Konstruktivisme
B. kognitivisme
C. behaviorisme
D. Humanisme

26. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Kognitivisme
B. Konstruktivisme
C. behaviorisme
D. Humanisme

27. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

28. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
B. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
C. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
D. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

29. Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
A. deduktif
B. induktif
C. inquiri
D. ekspositori

30. Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
A. tematik
B. Kolaboratif learning
C. Quantum teaching learning
D. Kooperatif learning

31. Seoarang guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. discovery Learning
B. Problem Based Learning
C. projek based learning
D. Inquiry learning

32. Tahap perkembangan kognitif peserta didik usia sekolah dasar menurut Jean Piaget berada pada tahap...
A. Sensori – motoris
B. Operasional konkrit
C. Formal operasional
D. Ikonik – enaktif

33. Tahapan yang dilalui dalam perkembangan bahasa anak dan remaja adalah..
A. Linguistik & Sintaksis
B. Pralinguistik & Semantik
C. Linguistik & Semantik
D. Pralinguistik & Linguistik

34. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berinteraksi
B. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
C. Kemampuan untuk memecahkan masalah
D. kemampuan berkomunikasi

35. Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
A. mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
B. mampu merespons suasana hati
C. mampu memotivasi orang lain
D. mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri

Demikianlah informasi tentang Tes PPG MI Materi Pedagogik, silahkan ditunggu jawabannya akan kami bagikan disini, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa share blog ini agar kami bersemangat dalam berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat. Salam sukses untuk kita semua.